banner 468x60
News, Opini  

Cintai Bumi, Jadilah Generasi Kartini Dengan Aksi Dan Edukasi

banner 468x60

 

Tuban, Harianradar.com – Bagaimana kabar kalian wahai kartini Indonesia?? Semoga Allah SWT, memberikan kesehatan dan perlindungan yang terus menerus di dunia dan di akhirat.

banner 604x812

Pakaian adat setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri, termasuk dari provinsi Jawa Tengah. Pakaian tersebut biasanya digunakan dalam acara kesenian, pernikahan hingga upacara adat.

Baju yang sekarang sedang di kenakan oleh kak tasya yang cantik ini terdiri dari kebaya dengan motif bunga di bagian tengah atas hingga ke bawah pinggang.

Dalam filosofi Jawa, pakaian adat kebaya memiliki makna kesabaran. Potongan kebaya yang mengikuti bentuk tubuh bermakna perempuan harus bisa menyesuaikan diri dengan keadaan dan menjaga diri sendiri.

Selain itu, kebaya juga sarat mengandung makna bahwa perempuan itu memiliki sifat lemah lembut dan sabar.

Sedangkan baju yang sekarang sedang di kenakan oleh kak ardian yang tampan ini merupakan Beskap atau jas tutup, sejenis kemeja pria resmi dalam tradisi Jawa Mataraman untuk dikenakan pada acara-acara resmi atau penting.

Busana atasan ini diperkenalkan pada akhir abad ke-18 oleh kalangan kerajaan-kerajaan di wilayah Vorstenlanden namun kemudian menyebar ke berbagai wilayah pengaruh budayanya.

Menjadi kartini bumi dapat dilakukan dengan aksi dan edukasi. Recycle merupakan salah satu prinsip yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga harmonisasi manusia dan lingkungan. Karena..Dimana bumi kita pijak disitu lah identitas kita sebagai manusia dipertaruhkan.

Jika kalian memiliki tumpukan koran di rumah, jangan buru-buru dibuang. Akan lebih baik jika koran-koran bekas itu dimanfaatkan menjadi barang-barang yang unik dan berguna.

Kalian bisa membuat jam dinding, tas, bahkan bunga mawar yang sangat indah yang sedang di bawa oleh kak tasya dan kerajinan tangan dari koran lainnya yang bermanfaat.

Cintai bumi..
Bukan kebetulan jalan kita dimudahkan, bisa jadi Itu hadiah Allah dari kebaikan yang kita lakukan, selalu semangat menjadi generasi Kartini.

Penulis: Najwa Aulia Natasya

banner 468x60
banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner 468x60