banner 468x60

Siswa TNI AL Diktukpakat Korps Marinir Kodikmar Kodiklatal Laksanakan Tes Samapta Akhir

Surabaya – Jelang pelaksanaan penutupan pendidikan, sebanyak 55 orang siswa Pendidikan Pembentukan Perwira Singkat (Diktupakat) TA 2021 Korps Marinir yang saat ini sedang menempuh pendidikan di Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) melaksanakan tes Kesamaptaan akhir yang dilaksanakan di lapangan Kesatrian Ewa Pangalela Kodikmar Gunungsari Surabaya, Kamis, (1/10/2021).

Pabanda kesamaptaan jasamani Ditum Kodiklatal Mayor Laut (KH) Bayu Irianto., Spd. M.Kes selaku penanggung jawab tes samapta mengatakan bahwa tes Samapta atau kesegaran jasmani akhir yang diperuntukan bagi siswa Diktupakat Kodikmar ini merupakan rangkaian kegiatan program Pendidikan yang diselenggarakan Sekolah Perwira (Sepa) Kodikmar sebelum berakhirnya program pendidikan.

banner 604x812

“Nilai samapta ini bila digabungkan dengan nilai akademis dan kejuangan siswa sangat berpengaruh terhadap penentuan urutan rangking dan kelulusan siswa,” jelas pamen melati satu di pundak ini.

Menurutnya, dalam menempuh pendidikan di Kodikmar ini para siswa melaksanakan dua kali tes samapta Jasmani. Dua tes tersebut yakni tes samapta awal yang dilaksanakan setelah pembukaan pendidikan dan dan tes samapta Akhir yang dilaksanakan sebelum penutupan pendidikan.

Dalam tes samapta akhir ini, diharapkan para siswa menunjukan progres signifikan dilihat dari kesamaptaan jasmaninya. Harapan peningkatan ini dilihat dari berbagia kegiatan yang dilaksanakan selama siswa menempuh pendidikan di Kodikmar yang selalu mengedepankan pembinaan fisik.

Adapun tes garjas tersebut meliputi Baterai A, berupa lari selama 12 menit minimal menempuh 2.400 meter, Baterai B meliputi Pull Up sebanyak-banyaknya selama 1 menit, Sit Up selama 1 menit, Push Up selama 1 menit dan Shater Run (lari angka delapan) dan diakhiri tes renang (UMR)

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *