banner 468x60

Ketua CBS Jalasenastri AAL: Ayo Ibu Saatnya Berikan Vitamin A untuk Balita Buah Hati

Surabaya, Harianradar.com – Setiap bulan Februari dan Agustus yang merupakan Bulan Vitamin A, di Posyandu atau di fasilitas kesehatan dibagikan vitamin A secara gratis untuk anak balita, untuk itu Ketua Cabang Berdiri Sendiri Jalasenastri Akademi Angkatan Laut (CBS Jalasenastri AAL) Ny. Dr. Nita Tunggul Suropati mengingatkan istri prajurit TNI AL yang berdinas di AAL untuk memberikan Vitamin A pada balitanya.

“Ayo ibu-ibu, jangan lupa berikan Vitamin A pada balita buah hatinya, agar sehat dan memiliki imun tubuh yang bagus,” terang Ketua CBS Jalasenastri AAL saat memberikan Vitamin A kepada balita putra-putri prajurit AAL di Posyandu Bunga Bahari, Komplek Rumdis AAL Dewaruci, Pesapen, Surabaya, Kamis (18/2).

banner 604x812

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur AAL Laksda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han) juga berkesempatan memberikan tetesan Vitamin A kepada balita. Tampak hadir Dirpers AAL Kolonel Laut (KH/W) Tresna Kusumawati, S.Pd., M.A.P., Wakil Ketua CBS Jalasenastri AAL Ny. Nana Endi Supardi beserta jajaran Pengurus Jalasenastri AAL lainnya.

Menurut Ketua CBS Jalasenastri AAL yang juga berprofesi sebgai dokter ini mengatakan bahwa Bulan Februari dan Agustus adalah Bulan Vitamin A. Di kedua bulan ini anak bisa mendapatkan suplementasi berupa vitamin A Kapsul Biru untuk bayi umur 6-11 bulan dan Kapsul Merah untuk anak umur 12-59 bulan. Vitamin A dalam bentuk kapsul merah juga diberikan kepada ibu nifas.

Adapun vitamin A jelasnya, juga bisa mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea dan kebutaan serta mencegah anemia pada ibu nifas. Sedangkan apabila anak kekurangan vitamin A maka anak bisa menjadi rentan terserang penyakit infeksi seperti infeksi saluran pernafasan atas, campak, dan diare.

Cara mendapatkan kapsul Vitamin A ini, lanjut dr. Nita- sapaan akrab Isteri Gubernur AAL ini- bisa didapatkan di fasilitas kesehatan seperti Rumah Sakit, Puskesmas, Pustu, Poskesdes/Polindes, Balai Pengobatan, Praktek Dokter, Bidan Praktek Swasta atau Posyandu dengan gratis.

“Kurang Vitamin A pada anak biasanya terjadi pada anak yang menderita Kurang Energi Protein (KEP) atau gizi buruk sebagai akibat asupan zat gizi sangat kurang, termasuk zat gizi mikro dalam hal ini vitamin A,” terangnya.

Melalui Posyandu Bunga Bahari binaan CBS Jalasenastri AAL ini tambahnya, diharapkan bisa memberikan kontribusi positif untuk perbaikan generasi bangsa kedepan. Untuk itu pihaknya akan terus mengingatkan dan mendorong agar ibu anggota Jalasenastri AAL tidak lupa memberikan asupan vitamin yang penting bagi perkembangan buah hatinya.

Selain peberian Vitamin A, di Posyandu juga dilakukan penimbangan berat dan tinggi badan, pemberian makanan tambahan kepada Balita yang dipandu oleh para kader Posyandu. Kegiatan ini rutin dilaksanakan Posyandu Bunga Bahari setiap hari Kamis pada minggu ketiga.

Dalam pelaksanaan pemberian Vitamin A yang dilangsungkan di Balai Pertemuan Dewaruci ini, tetap menerapkan protokol kesehatan Covid -19 dengan penerapan 5 M yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilisasi dan interaksi. (UMR)

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *