banner 468x60

PPKM Dengan Berbasis Mikro Melalui Pembentukan Posko Penanganan Covid-19

Surabaya, Harianradar.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengeluarkan instruksi Nomor 3 Tahun 2021 tentang penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro dan pembentukan posko penanganan Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan dalam rangka pengendalian virus Corona.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Ganis Setyaningrum, S.Si, MH memimpin rapat perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), pada Selasa, (9/02/2021), yang digelar mulai pukul 10.00 WIB, di Aula Rupatama Sanika Satyawada Polres Pelabuhan Tanjung Perak.

banner 604x812

Hadir dalam kegiatan tersebut para pejabat utama (PJU) Polres dan para Kapolsek jajaran.

Dalam sambutannya, Kapolres yang didampingi Wakapolres Kompol Anggi Saputra Ibrahim, SH, S.I.K, MH menyampaikan bahwa sesuai keputusan Gubernur Jatim nomor 188/59/KPTS/013/2021.

Maka PPKM akan diperpanjang guna memutus rantai penyebaran Covid-19. Namun, nantinya PPKM akan dilaksanakan dengan basis mikro melalui pembentukan posko penanganan Covid-19 di tingkat desa atau kelurahan.

“Tujuan PPKM berbasis mikro ini adalah untuk pengendalian penyebaran Covid-19 di tingkat kampung. Baik RT, RW maupun kelurahan,” ujar Kapolres.

Rencananya akan didirikan Posko PPKM di 6 Kecamatan di wilayah hukum Polres Pelabuhan Tanjung Perak. Masing-masing di Kecamatan Kenjeran, Kecamatan Bulak, Kecamatan Semampir, Kecamatan Asemrowo, Kecamatan Krembangan dan Kecamatan Pabean Cantikan.

Selain di tingkat kecamatan juga akan didirikan Posko PPKM Berbasis mikro di tingkat kelurahan. Dimana terdapat 24 Posko untuk tingkat kelurahan yang meliputi semua kelurahan yang terdapat di 6 Kecamatan di wilayah Polres Pelabuhan Tanjung Perak.

“Diharapkan dengan PPKM berbasis mikro ini pengawasan akan semakin ketat di tingkat bawah sehingga dapat efektif menekan penyebaran Covid-19. Tugas kita diantaranya adalah koordinasi dengan instansi samping, pendataan orang dengan status terkonfirmasi positif Covid-19 dan beberapa yang lain,” kata Kapolres. (sul/hr)

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *