banner 468x60

Tingkatkan Hubungan Bilateral Indonesia-Malaysia, Dankodiklatal Buka Patkor Malindo 164/24

Foto : Tingkatkan Hubungan Bilateral Indonesia-Malaysia, Dankodiklatal Buka Patkor Malindo 164/24
Foto : Tingkatkan Hubungan Bilateral Indonesia-Malaysia, Dankodiklatal Buka Patkor Malindo 164/24
banner 468x60

Surabaya – Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah bersama Panglima Armada Barat Tentara Laut Diraja Malaysia (TLDM) Laksdya Dato’ Ts Shamsuddin Bin HJ Ludin membuka secara resmi Patroli Terkoordinasi (Patkor) Malaysia – Indonesia (Malindo) 164/24, bertempat di Gedung OB. Syaaf Mako Lantamal I Belawan. Rabu, (12/06/2024).

Dalam amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali yang dibacakan Dankodiklatal menyampaikan bahwa, Patkor Malindo yang diselenggarakan ini memiliki arti penting dalam meningkatkan kerja sama angkatan laut Indonesia dan Malaysia dalam mengamankan Selat Malaka terhadap berbagai aktivitas ilegal. Demikian pula Patkor Malindo ini penting dalam upaya meningkatkan profesionalisme dan memperkuat hubungan dan semangat Navy Brotherhood antara angkatan laut Malaysia dan Indonesia.

banner 604x812

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Selat Malaka merupakan selat yang digunakan oleh dunia internasional dan merupakan salah satu selat tersibuk di dunia sebagai Sea Line of Communication (SLOC), dan Sea Line of Trade (SLOT). Lebih dari lima ratus kapal dengan berbagai tipe melewati rute ini setiap harinya. Berbagai kepentingan baik nasional maupun internasional terjadi di Selat Malaka, sehingga isu mengenai keamanan maritim menjadi tanggung jawab negara pantai. Oleh karena itu, kehadiran angkatan laut Malaysia dan Indonesia sangat signifikan dalam melawan illegal activities sebagai wujud Sense of Security di kawasan ini”, ungkap Kasal.

Menurut Kasal, bahwa tantangan tugas yang diemban oleh Gugus Tugas Patkor Malindo tidaklah mudah, dengan berbekal kemampuan profesionalisme dari para pengawak KRI- TNI Angkatan Laut dan Kapal Perang – TLDM, serta pengalaman panjang melaksanakan patroli bersama selama ini, Laksamana Muhammad Ali yakin TNI AL dan TLDM akan dapat melaksanakan tugas dengan baik. Untuk itu, komunikasi dan koordinasi yang baik sesuai dengan Standard Operating Procedure yang telah di tetapkan, sangatlah penting untuk dipedomani dan dilaksanakan.

Selesai acara Pembukaan Patkor Malindo 164/24, selanjutnya Dankodiklatal beserta Panglima Armada Barat TLDM dan Pangkoarmada I Laksda TNI Yoos Suryono Hadi serta Pejabat TNI AL lainnya melaksanakan menembak pistol dan dilanjutkan olah raga Golf di Graha Golf Range Medan.

Adapun Pejabat TNI Angkatan Laut dihadiri; Ir Koarmada I Laksma TNI Sunarto, Danguskamla Koarmada I Laksma TNI Anung Sutanto, Danlantamal I Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, Dirdok Kodiklatal Laksma TNI May Frangky Pasuna Sihombing, PJU Lantamal I, Kadisminpers Koarmada I, Dansatgas Patkor Malindo 164/24 yang dijabat Asops Danguskamla Koarmada I, Dan KRI Torani – 860, Dan KRI Krait – 827 dan ILO Malaysia TNI AL.

Sementara dari Pejabat TLDM yang hadir antara lain; Panglima Wilayah Laut 3 Laksamana Pertama Roslee bin Mohamad Isa, Asisten Ketua Staf Operasi MPA Barat (CTG TLDM) Kept Hj Shaiful Fadzli bin Ismail TLDM, Pegawai Memerintah KD Handalan Kdr Mohd Aimullah bin Kamaruddin TLDM dan Pegawai Memerintah KD Jerai Lt Kdr Mohamad Amar bin Ahmad TLDM.

Sebelumnya, Dankodiklatal juga menerima Courtesy Call (CC) Panglima Armada Barat beserta Pejabat Tentara Laut Diraja Malaysia di Lobby VIP Mako Lantamal I Belawan.

banner 468x60
banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner 468x60