banner 468x60

Dansatdik – 3 Kodiklatal Sorong Pimpin Upacara Pembukaan Lattek Tahap Dasar Keprajuritan

Foto : Dansatdik - 3 Kodiklatal Sorong Pimpin Upacara Pembukaan Lattek Tahap Dasar Keprajuritan
Foto : Dansatdik - 3 Kodiklatal Sorong Pimpin Upacara Pembukaan Lattek Tahap Dasar Keprajuritan

Surabaya – Dalam rangka mengaplikasikan pelajaran yang didapat selama Pendidikan Tahap Dasar Keprajuritan (Diksarrit) Satuan Pendidikan (Satdik) – 3 Sorong menggelar Latihan Praktek (Lattek) Tahap Dasar Keprajuritan (Sarrit) Siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) Angkatan ke-44 TA 2024.

Sehubungan dengan hal tersebut, Komandan Satdik – 3 Kodiklatal Kolonel Marinir Harnoko, selaku Inspektur Upacara (Irup) membuka rangkaian Lattek Tahap Sarrit Dikmata di Lapangan Apel Markas Komando (Mako) Satdik – 3 Sorong, Majener, Distrik Salawati, Kab. Sorong, Papua Barat Daya. Selasa (28/5/2024)

banner 604x812

Dansatdik – 3 menyampaikan bahwa, Lattek Tahap Sarrit merupakan sarana dalam menguji keterampilan Siswa dari hasil pembelajaran yang telah diterima pada tahap Sarrit. Selain itu, dengan membekali dan melatih siswa agar memiliki kemampuan, ketahanan fisik, keterampilan dan kecakapan secara Individu. Untuk materi yang akan dilaksanakan dalam Lattek Sarrit kali ini yaitu menembak senapan, menembak pistol, berganda, lintas medan, Sea and Jungle Survival yang nantinya dapat menjadi modal awal maupun bekal sebagai Prajurit TNI AL.

“Kegiatan Lattek Sarrit merupakan kegiatan yang harus dan sangat penting dilalui oleh setiap Siswa Pendidikan Pertama di tahap Sarrit, tidak terkecuali siswa Dikmata Satdik – 3 yang dalam 17 hari kedepan akan ditempa dan diuji secara fisik dan mental yang akan dijadikan bekal pertama menjadi Prajurit TNI AL. Selain fokus pada tujuan, hal utama yang perlu diperhatikan yakni faktor keselamatan sebagai faktor utama keberhasilan Lattek,” jelas Dansatdik – 3.

Lebih lanjut Dansatdik – 3 berpesan bahwa Pelatih dan Siswa harus mengutamkan dan sangat memperhatikan faktor keselamatan dalam setiap kegiatan, sehingga kegiatan Lattek dapat berjalan dengan lancar dan Zero Accident, mengingat seluruh rangkaian kegiatan Lattek mengandung resiko tinggi dengan penggunaan amunisi tajam, bahan peledak, serta kondisi alam tempat latihan berlangsung.

Sebanyak 99 Siswa Dikmata TNI AL akan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Lattek tahap Sarrit dari tanggal 28 Mei hingga 13 Juni 2024. Adapun, pelaksanaan Lattek tahap Sarrit dibawah kendali Komandan Sekolah Dasar Militer (Dansesarmil) Mayor Marinir Wahidi selaku Direktur Lattek (Dirlat).

Upacara pembukaan sebagai penanda dimulainya rangkaian Lattek tahap Sarrit telah dilaksanakan dan dilanjutkan dengan kegiatan gelar perlengkapan Siswa untuk memastikan kelengkapan perlengkapan Siswa selama melaksanakan kegiatan Lattek. Selain itu, diharapkan seluruh Siswa dapat fokus mengikuti seluruh instruksi pelatih serta dapat menyelesaikan seluruh materi yang akan ditemui Siswa pada Lattek tahap Sarrit ini.

Tampak Hadir dalam kegiatan Upacara Pembukaan, Wadan Satdik – 3, Kadep Opsdik Satdik – 3, seluruh Personel Satdik – 3 dan Dansesarmil Satdik 3 yang juga bertindak sebagai Komandan Upacara (Danup).

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *