banner 468x60

Gerakan Koperasi Jawa Timur dukung Perjuangan Dekopinwil Jawa Timur

Sidoarjo – Melalui Rekomendasi Rapat Kerja Wilayah Dekopinwil Jawa Timur yang di tandatangani bersama oleh peserta Rapat Kerja pada tanggal 20 Mei 2024 di Hotel Neo Sidoarjo, Gerakan Koperasi Jawa Timur mendukung perjuangan Pimpinan Dekopinwil Jawa Timur untuk terus memperjuangkan aspirasi Gerakan Koperasi Jawa Timur

 

banner 604x812

Setidaknya ada dua aspirasi strategis yang diamanatkan kepada pimpinan Dekopinwil Jawa untuk terus dikawal dan diperjuangkan.

 

Yang pertama mengawal proses pembahasan RUU Perkoperasian di parlemen agar aspirasi Gerakan Koperasi Jawa Timur yang telah disampaikan kepada Pemerintah akan tertampung dan menjadi roh dari Undang-undang Perkoperasian mendatang.

 

Yang kedua memperjuangkan agar Jati Diri Usaha Simpan Pinjam oleh koperasi sebagai gerakan saling menolong menjadi praktek nyata dalam tata kelola koperasi dimasyarakat.

 

Sebagaimana telah difahami bersama bahwa melalui putusannya yang final Mahkamah Agung menolak permohonan keberatan gerakan koperasi Jawa Timur terhadap terbitnya Permenkop 8/2023 yang mengatur praktek Usaha Simpan Pinjam oleh Koperasi.

 

Putusan Mahkamah Agung tersebut diatas, tidak memberikan jawaban terhadap permasalahan strategis yang diajukan dan keresahan yang dirasakan oleh Gerakan Koperasi khususnya di Jawa Timur dalam melaksanakan Usaha Simpan Pinjam.

 

Dalam pernyataannya ketika memimpin jalannya persidangan dalam forum rapat kerja, ketua Dekopinwil Jawa Timur Slamet Sutanto siap untuk terus memimpin perjuangan gerakan Koperasi Jawa Timur, kalau melalui jalur komunikasi dengan Kementerian Koperasi dan melalui jalur hukum di Mahkamah Agung kandas, maka bersama seluruh Gerakan Koperasi akan melalui jalan lain yaitu lewat pendekatan sosial dan pendekatan politis.

Untuk itu Slamet Sutanto senantiasa memohon dukungan seluruh gerakan koperasi di Jawa Timur.

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *