banner 468x60

Satlantas Polres Tanjung Perak Lakukan Ramcek di Garasi PO Bus Jaya Utama

banner 468x60

Tanjung Perak – Tim gabungan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya dan Satlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak melakukan pemeriksaan kelayakan dan keselamatan atau Ramcek bus di garasi PO. Bus Jaya Utama.

Ramcek dilakukan sebagai bagian dari inspeksi kelayakan angkutan penumpang sekaligus menekan tingkat kecelakaan di jalan raya, Selasa (14/05/2024).

banner 604x812

Kasatlantas Polres Tanjung Perak AKP Moch. Su’ud SH melalui Kanit Kamsel Satlantas Aipda I Wayan Ana mengatakan, Ramcek kelaikan kendaraan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan untuk memastikan setiap bus memenuhi standar operational prosedur (SOP) dalam mengangkut penumpang.

“Ramp check harus dilakukan guna menjamin keselamatan penumpang,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa ramcek juga ingin memastikan bus yang mengangkut penumpang benar-benar layak beroperasi. Penguatan inspeksi kelayakan angkutan diharapkan mampu menekan tingkat kecelakaan di jalan raya.

“Sehingga kelayakan angkutan penumpang harus benar-benar dipastikan demi keselamatan penumpang,” kata dia.

Aipda I Wayan mengatakan dalam ramcek itu petugas gabungan juga melakukan pengecekan kelayakan jalan seperti rem, lampu sein, dan ban bus.

“Selain itu ramcek juga mengecek dokumen kelengkapan kendaraan seperti uji kir dan surat izin mengemudi (SIM), STNK tak luput dari pemeriksaan petugas. Bus juga harus dilengkapi alat pemadam api ringan (Apar) untuk mengantisipasi bila terjadi kebakaran,” katanya.

Nampak petugas melakukan pengecekan mulai dari kondisi kendaraan, kelayakan fungsi, hingga kelengkapan surat-surat kendaraan serta para sopir dan kru bus juga dilakukan pemeriksaan kesehatan.

banner 468x60
banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner 468x60