banner 468x60

Giliran Intai Amfibi Jadi Materi Pembekalan Bagi Capaja AAL Angkatan Ke-66

Surabaya, Harianradar.com – Setelah Brivet Penerbang TNI AL dan Brivet Penyelam TNI AL diberikan kemarin, kini giliran Brivet Pasukan Intai Amfibi Marinir menjadi materi pembekalan yang diberikan kepada Taruna Tingkat lV atau yang dikenal sekarang sebagai Calon Perwira Remaja (Capaja) Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-66 yang digelar di Auditoriun Mandalika, Kesatrian AAL Bumimoro, Surabaya, Selasa (29/6).

Antusiasme para calon perwira TNI AL yang akan dilantik pada 13 Juli 2021 mendatang ini, tampak saat Pembekalan Brivet Taifib ini disampaikan Pasiops Yon Taifib 2 Marinir, Mayor Marinir Lilik Cahyanto, S.H.

banner 604x812

Pembekalan ini diawali dengan pemutaran video profile Batalyon Intai Amfibi atau disingkat YonTaifib yang merupakan satuan pasukan elit dalam Korps Marinir TNI AL yang memiliki spesialisasi dalam operasi Pengintaian Amfibi (Amphibious reconnaissance) dan Pengintaian Khusus (Special reconnaissance).

“Dahulunya, satuan ini dikenal dengan nama KIPAM (Komando Intai Para Amfibi). Saat ini untuk menjadi anggota Yon Taifib, calon diseleksi dari prajurit Marinir yang memenuhi persyaratan mental, fisik, kesehatan, dan telah berdinas aktif minimal dua tahun,” kata Lilik –sapaan akrab Pasiops Yon Taifib 2 Marinir ini.

Seleksi prajurit Taifib atas dasar sukarela dipilih dari prajurit terbaik Korps Marinir yang sudah mempunyai dasar tempur, yaitu pendidikan dasar kemiliteran, pendidikan keprajuritan Marinir, pendidikan taktik operasi darat, pendidikan komando Marinir, pendidikan menembak kualifikasi, pendidikan operasi amfibi termasuk raid amfibi, para dasar, penyelaman, dan free fall.

Menurutnya, ciri-ciri prajurit Taifib dididik dan dilatih dengan ketat dan keras secara khusus dengan tingkat resiko yang tinggi meliputi pembinaan mental, pembinaan berbagai keterampilan khusus di laut, darat dan udara.

”Kekuatan seorang Prajurit tidak lahir dari kesenangan, melainkan dari penderitaan panjang yang dihadapinya dengan tekun,” terangnya

Melihat antusias para Taruna saat sesi tanya jawab, Pasiops berharap Taruna AAL Angkatan ke-66 Korps Marinir, banyak yang akan mendaftar dan bergabung memperkuat jajaran Batalyon Taifib. Disamping itu, menjadi prajurit Taifib juga merupakan salah satu jalan untuk bisa mendaftar agar dapat bergabung menjadi pasukan elit TNI AL, yakni Detasemen Jala Mengkara (Ismail).

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *