banner 468x60

Wedang Anti Penyakit, Warisan Leluhur Yang Dipercaya Meningkatkan Imun

banner 468x60

Surabaya, Harianradar.com – Dalam masa pandemi Covid-19 yang berkepanjangan siapapun untuk memutar daya pikir. Tak terkecuali mencari asupan minuman yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh selain vaksin.

Datanglah bila anda ingin mencobanya di Pasar Mangga Dua Jagir Surabaya, sebuah warung sederhana menyediakan menu minuman khusus menghadapi pandemi. Minuman tersebut diberi nama “Wedang Anti Penyakit”.

banner 604x812

“Belum sebulan ini saya buat ramuan wedang anti penyakit. Wedang ini idenya dari warisan leluhur mengingat faktor situasi, karena banyaknya tentang virus covid,” cerita Umi Sari, yang akrab dipanggi umi pada Rabu (20/01/2020).

Umi Sari menjelaskan wedang anti penyakit ini warisan leluhur ini dibuat dengan beberapa bahan dari rempah-rempah yang memang berkhasiat baik untuk imunitas dalam tubuh. Dia menyebutkan beberapa bahan yang digunakan yaitu kunyit, temulawak, jahe, daun serai, kayu manis, dan sari jeruk nipis serta gula aren untuk pemanis.

Cara membuat wedang anti corona ini juga sederhana. Bahan seperti jahe, kunyit, temulawak ditumbuk kemudian dimasukkan ke dalam gelas. bersama dengan gula aren. Setelah itu diberi sari perasan jeruk nipis cukup setengah, daun serai digunting kecil, dan diseduh dengan air panas.

“Mau diseduh boleh, mau direbus sekalian airnya juga boleh. Tetapi khas wedang anti corona ini ya memang ampasnya yang banyak, jadi lebih terasa dan khaisatnya juga lebih banyak,” jelas Umi.

Umi juga menambahkan, membuat wedang anti penyakit yang simple ini bisa dilakukan juga di rumah. Sehingga setiap saat, minuman sehat ini bisa dibuat dan diminum secara rutin untuk memperkuat imunitas selama berkegiatan di masa pandemi ini.

Selama hampir satu bulan, menu ini memang membuat pelanggan di warungnya tertarik untuk mencoba. Menurut Umi, biasanya di warung orang datang untuk makan dan minum kopi, tetapi sejak menu baru ini ada, biasanya selain memesan kopi, pelanggan juga minta dibuatkan wedang anti penyakit.

“Banyak yang minta tambah air panas kalau airnya habis, dan diseduh dua kali pun rasanya masih terasa. Untuk gula juga bisa request sesuai keinginan, karena kadang ada yang suka agak manis, biar rasa jamunya agak berkurang,” imbuhnya.

Nama Wedang Anti penyakit dikatakannya bukan berarti bisa kebal dengan virus corona, melainkan bahan dari rempah-rempah itulah yang dapat membentuk imun dengan baik.

Karena salah satu faktor yang bisa membuat virus penyakit enggan untuk masuk ke dalam tubuh adalah imunitas, termasuk virus corona.

“Sudah jelas sekali bahan-bahan herbal itu manfaatnya baik, dan di pasar sendiri tidak sulit untuk mendapatkannya. Tidak perlu mahal, yang penting jelas dan sehat,” pungkas umi.

Harga satu gelas minuman sehat itu cukup terjangkau, hanya dengan Rp 6.000, khasiat wedang anti penyakit sudah bisa dirasakan pelanggan.

(Sul/red)

banner 468x60
banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner 468x60